www.AlvinAdam.com


Berita 24 Kalimantan Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Polisi Incar Cukong Tambang Emas, Mengejutkan yang Dilakukan Pemprov Kalsel

Posted by On 20.31

Polisi Incar Cukong Tambang Emas, Mengejutkan yang Dilakukan Pemprov Kalsel

Kriminalitas Banjarmasin

Polisi Incar Cukong Tambang Emas, Mengejutkan yang Dilakukan Pemprov Kalsel

Berdasar laporan sampai Oktober 2017, di Kalsel ada 5 perkara penggunaan merkuri dari total 59 perkara se Indonesia.

Polisi Incar Cukong Tambang Emas, Mengejutkan yang Dilakukan Pemprov KalselIstimewaAktivitas tambang emas di Areal kawasan eksplorasi pertambangan batu bara di Desa Riamadungan, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut, Selasa (10/10/2017)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aktifitas penambangan emas illegal menggunakan bahan kimia merkuri di Banua tidak ada hentinya. Hal ini, ditandai masih banyak ditemukan kasus perta mbangan ilegal dari tahun ke tahun.

Berdasar laporan sampai Oktober 2017, di Kalsel ada 5 perkara penggunaan merkuri dari total 59 perkara se Indonesia. Sedangkan indikasi penggunaan merkuri pada tambang emas di Kalsel, ada 44 dugaan. Sebanyak 16 kasus di Tanah Laut, 23 di Kabupaten Banjar, dan sisanya 5 kasus di Kotabaru.

Pemerintah secara tegas melarang dan akan menerapkan zero merkuri alias nol kandungan merkuri. Bahkan, kaitan bahaya penggunaan bahan kimia ini, Presiden Joko widodo, mendeklarasikan dan meng­itruksikan Indonesia harus bersih dari bahan kimia merkuri.

Bagaiman kesiapan Kalsel? Dinas ESDM Prov Kalsel sudah menyatakan kesiapannya dan menyepakati untuk zero merkuri di daerah ini. Bahkan, Hanif Faisol Nurofiq, Plt kadinas ESDM Kalsel, sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk tahun 2018 mendatang.

“Benar, pemprov sudah menyiapkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk penindakan dan penertiban penggunaan merkuri. Dana itu akan dikucu rkan melalui APBD Kalsel 2018. Dana Rp1,5 miliar sudah disiapkan mengawal zero merkuri,” tandasnya.

Terkait persiapan pena­nganan, Hanif mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan beberapa instansi terkait. “Kemarin sudah fitcon dengan Pak Kapolri, dan menanyakan kesiapan kita untuk zero merkuri. Dan, kita sudah siapkan untuk itu,” ucapnya.

Meski Hanif tidak menyebut secara jelas, tapi dia sudah mengisyaratkan adanya cukong di balik pertam­bangan emas ilegal selama ini yang menggunakan merkuri.

Mau baca berita Banjarmasin Post dan Metro Banjar? klik DI SINI

Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak Ikuti kami di Beredar Rekaman 2 Guru di Jambi Berbuat Mesum di Ruang Kelas, Masing-masing Sudah Berkeluarga Sumber: Tribun Banjarmasin

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »