www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bappenas Jaring Ide dan Gagasan Lokal untuk Tanggulangi ...

Posted by On 21.19

Bappenas Jaring Ide dan Gagasan Lokal untuk Tanggulangi ...

Berita Banjarmasin

Bappenas Jaring Ide dan Gagasan Lokal untuk Tanggulangi Kesenjangan Pembangunan

Pemerintah menggap perlu dilakukan agenda ini sebab masih yerjadi Kesenjangan antardaerah merupakan salah satu tantangan

Bappenas Jaring Ide dan Gagasan Lokal untuk Tanggulangi Kesenjangan Pembangunannurkholis hudaDeputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas, Rudy S Prawiradinata memaparkan dirancang acara puncak IDF tahun ini akan digelar pada 10-11 Juli mendatang dan mengangkat tema “Terobosan untuk Mengatasi Kesenjangan Disparitas Pembangunan Regional di Seluruh Wilayah Nusantara”.

BANJARMASINPOST.C O.ID, BANJARMASIN - Dalam rangka menyerap aspirasi dan ide kreatif dan inovasi di daerah termasuk di Kalimantan Selatan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI menggelar diskusi publik untuk menjaring ide dan praktik baik pembangunan yang sesuai dengan karakteristik wilayah Indonesia Tengah dan kearifan lokalnya.

Pemerintah menggap perlu dilakukan agenda ini sebab masih yerjadi Kesenjangan antardaerah merupakan salah satu tantangan pembangunan terbesar di Indonesia.

Sebab, meski pertumbuhan berkelanjutan telah menghasilkan pengurangan kemiskinan yang signifikan.

Baca: Ini Ciri Dia Jodohmu Menurut Quraish Shihab, Hati Bergetar

Diskusi ini dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan Road to Indonesia Development Forum (IDF) 2018 yang mendapat dukungan dari Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI).

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappe nas, Rudy S. Prawiradinata memaparkan dirancang acara puncak IDF tahun ini akan digelar pada 10-11 Juli mendatang dan mengangkat tema “Terobosan untuk Mengatasi Kesenjangan Disparitas Pembangunan Regional di Seluruh Wilayah Nusantara”.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (live) TV Liga 1 2018 Rabu (30/5) : Barito vs Persija, PSM vs Madura United

IDF 2018 akan mengupas berbagai isu-isu utama dan tantangan dalam upaya menanggulangi kesenjangan pembangunan ekonomi dan manusia di berbagai wilayah Indonesia.

Hasilnya akan menjadi rekomendasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Dengan tema utama tersebut, diskusi yang diadakan di wilayah Kalimantan dan Sulawesi ini membahas tiga topik utama yaitu 1) Pengembangan Pusat Pertumbuhan: Tantangan & Praktik Baik; Subtema 2) Penguatan Konektivitas Indonesia Sebagai Negara Kepulauan; dan 3) Inovasi dalam Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Daerah.

Rudy S. Prawira dinata percaya bahwa banyak sekali gagasan yang inovatif dan juga membangun untuk mengatasi masalah disparitas di Indonesia.

Baca: Hasil Akhir Argentina vs Haiti Jelang Piala Dunia 2018 : Skor Akhir 4-0 Lewat Hattrick Messi

"Karena itu diskusi ini akan sangat berguna untuk memfasilitasi dialog serta diskusi antara pengambil kebijakan, pemangku kepentingan lain dan para pendukung kebijakan. Tujuannya untuk menjaring ide dan mengetahui lebih jauh praktik baik yang ada di wilayah Kalimantan dan Sulawesi untuk mengatasi kesenjangan yang ada di Indonesia,” paparnya.

Dalam diskusi publik ini, para peserta mempraktikkan pendekatan INSPIRE, IMAGINE, INNOVATE dan INITIATE yang merupakan konsep inovatif yang ditawarkan oleh IDF untuk menyoroti praktik baik guna menemukan gagasan baru dalam mengatasi kesenjangan antar daerah. Lebih lanjut, pendekatan ini juga akan mengidentifikasi inovasi yang muncul di daerah untuk dapat berkontribusi mengurangi ke senjangan antar wilayah.

Dalam acara ini terpantau, perwakilan Kabupaten kota di Kalsel dan para perwakilan SKPD terkait di antaranya, hadir Fajar Desaira selaku kepala Bapedda Kalsel, dan Gubernur Kalsel diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hermasyah. (banjarmasinpost.co.id/huda)

Penulis: Nurholis Huda Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Awalnya Incar Hartanya, Gadis 17 Tahun Ini Pacari Pria 41 Tahun, Akhirnya Tak Terduga Sumber: Google News | Berita 24 Kalsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »