www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sukses Tiga Pelajar Kalsel di Yaman, Mampu Raih Ijazah Qiraat Tujuh

Posted by On 11.21

Sukses Tiga Pelajar Kalsel di Yaman, Mampu Raih Ijazah Qiraat Tujuh

Kabar dari Arab

Sukses Tiga Pelajar Kalsel di Yaman, Mampu Raih Ijazah Qiraat Tujuh

tiga pelajar asal Kalsel meraih ijazah Qiraat Tujuh (Qiraat Sab'ah) dari Madrasah Alaydrus, kota Tarim, Provinsi Hadhramaut.

Sukses Tiga Pelajar Kalsel di Yaman, Mampu Raih Ijazah Qiraat TujuhistimewaTiga pelajar asal Kalsel di Yaman yang sukses meraih ijazah Qiraat Tujuh.

BANJARMASINPOST.CO.ID, TARIM - Kabar gembira datang dari putra-putra terbaik Kalimantan Selatan (Kalsel) di Yaman. Pada Selasa (8/5/2018) lalu, tiga pelajar asal Kalsel meraih ijazah Qiraat Tujuh (Qiraat Sab'ah) dari Madrasah Alaydrus, kota Tarim, Provinsi Hadhramau t.

Tiga pelajar tersebut adalah Riyad Sholihin dan Muhammad Afrizal, kedua-duanya berasal dari Banjarmasin, serta Muhammad Yahya, putra asal Martapura.

QiraĆ¢€™at merupakan salah satu cabang ilmu dalam Ulum Al Quran, juga cukup rumit untuk dipelajari.

Madrasah Alaydrus merupakan salah satu lembaga pendidikan di kota Tarim, Yaman yang khusus mencetak kader-kader Qiraat Tujuh.

Baca: Jadwal Imsakiyah, Subuh & Buka Puasa Hari Ke 4 Ramadhan 1439 H / Sabtu 20 Mei 2018 Kota di Indonesia

Baca: Jawaban Kocak Ustaz Abdul Somad Ditanya Tak Masuk Daftar 200 Mubaligh Rekomendasi Kemenag

Legalitas ilmu Qiraat di Madrasah ini, selain memberikan sanad, para penuntut ilmu Qiraat juga mendapatkan ijazah yang dilegalisir oleh negara.

Pada dasarnya, pendidikan formal di lembaga ini hanya memfasilitasi sampai Qiraat Tujuh (Sab'ah) saja.

Akan tetapi, kerap kali para pelajar mengajukan permintaan kepada pihak lembaga agar difasilitasi melanjutkan ke Qiraat Sepuluh (Qiraat 'Asyarah).

Madrasah Alaydrus tempat pelajar Kalsel belajar Qiraat di Hadramaut, Yaman.
Madrasah Alaydrus tempat pelajar Kalsel belajar Qiraat di Hadramaut, Yaman. (istimewa)

Baca: 10 Fakta Luar Biasa Manfaat Puasa yang Tidak Diketahui Umum Selama Ini, No 10 Disukai Perempuan

Adapun metode pengajaran yang diberikan, selain menghafal Matan Muqaddimah Jazariyah (107 bait) karya Ibn Jazari, dan Matan Syatibiyyah (1173 bait) karya As-syathibi, para pelajar juga dituntut untuk memperdalam Qiraat Hafsh (qiraat yang banyak digunakan di Indonesia) selama satu tahun untuk memastikan bahwa pelajar itu sudah pantas dan siap melanjutkan ke qiraat yang lainnya.

Selama memperdalam Qiraat Hafsh dalam satu tahun, mereka juga harus mempelajari ilm u yang berhubungan dengan qiraat, seperti ilmu Madkhal, ilmu Rasm Usmani, ilmu Waqaf wa Ibtida, ilmu Tajwid, dan syarah dari Matan Syatibiyah.

Semua itu dipelajari untuk menyiapkan pelajar agar bisa beradaptasi dengan qiraat yang lain.

Di tahun kedua, setelah mengikuti ujian tilawah yang selektif, dimulailah pengajaran qiraat dengan metode jama' shugro (menggabungkan bacaan tiga qari, terdiri dari Nafi', Ibn Katsir, dan Abu Amr) dari surah Alfatihah hingga AlMaidah.

Kemudian dilanjutkan dengan jama' kubra (menggabungkan bacaan tujuh qari sekaligus).

Walaupun metode ini terbilang sulit, namun tidak menyurutkan minat para pelajar untuk berguru di Madrasah ini, terbukti dengan bertambahnya pendaftar di setiap tahunnya.

"Kami memiliki harapan, bahwa dengan pencapaian kami, semakin banyak generasi qurani yang termotivasi untuk mengambil qiraat dengan sanad dan talaqqi. Dan tidak lupa, agar kami diberikan ilmu yang bermanfaat dan bisa mengajarkannya ketika kembali ke Kalimantan nanti," ucap Muhammad Yahya ketika diwawancarai. (*)

Penulis: A Reza Maulana, Pelajar Kalsel di Hadramaut, Yaman.

Editor: Royan Naimi Ikuti kami di Wow, Nafa Urbach: Saya Akan Beri Hadiah Densus 88 yang Nangkap Teroris Jadi Calon Pacar Sumber: Google News | Berita 24 Kalsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »