www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tips Bijak Belanja Ramadan Versi Bank Indonesia

Posted by On 18.56

Tips Bijak Belanja Ramadan Versi Bank Indonesia

MerahPutih.com - Saat Ramadan hingga jelang Idul Fitri, masyarakat cenderung menjadi sangat konsumtif karena tingkat kebutuhan akan bahan pokok dan lainnya mengalami peningkatan cukup signifikan. Itu sebabnya tingkat inflasi juga tambah tinggi.

Bank Indonesia wilayah Kalimantan Selatan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk menyosialisasikan program belanja bijak bagi masyarakat di Banjarmasin.

"Belanja bijak, bukan berarti melarang masyarakat untuk belanja, tetapi belanja sesuai dengan kebutuhannya, tidak berlebihan," kata Kepala BI Perwakilan Kalimantan Selatan Herawanto di Banjarmasin, Senin (28/5), saat berbagi tips untuk mengantisipasi perilaku konsumtif selama Ramadan.

belanja ramadan
Warga belanja persiapan Idul Fitri 2018. Foto: Antara

Menurut Herawanto, daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat, juga menjadi salah satu faktor utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, sehingga tingkat konsumsi rendah juga akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Jadi yang penting adalah menjaga keseimbangan antara tingkat konsumsi dan produktivitas.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Kalsel Fadly Mansoer mengatakan, warga Kalsel dikenal sebagai masyarakat yang cukup konsumtif. Indikasi tersebut, tambah dia, antara lain saat pulang ibadah haji, yang paling banyak jamaah kelebihan barang bawaan adalah, jamaah dari Kalsel.

belanja ramadan
Warga belanja persiapan Idul Fitri 2018. Foto: Antara

"Tidak jarang juga kita lihat, ibu-ibu kalau sudah pulang haji, seluruh tangannya penuh dengan perhiasan, begitu juga saat ke undangan pesta pernikahan," katanya sambil bercanda, dilansir Antara. Indikasi lain, juga disampaikan oleh peserta dialog lainnya, antara lain adalah kebiasaan masyarakat Banjar yang suka makan enak dan nongkrong di warung. (*)

Sumber: Google News | Berita 24 Kalsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »